,

SEO Checklist for Blogger, Jurus Menangkan Hati SERP

Saat ini profesi Blogger semakin banyak peminatnya. Meski belum semua sih yang auto connect kalau orang sebut profesinya sebagai Blogger. Beda lagi dengan Influencer, Selebgram atau Content Creator. Tidak hanya itu, menjadi Penulis terlebih lagi Blogger juga masih dianggap kerjanya mudah, tinggal menulis aja kok, gak ribet. Gak perlu belajar ini itu, gak perlu banyak baca tutorial dan lain sebagainya. 

SEO cheklist for Blogger winning SERP

Duh, seandainya ngeblog untuk menghasilkan cuan bisa semudah itu. Sungguh, pasti semua orang akan berlomba-lomba jadi Blogger dan punya blog tidak hanya satu saja. Menjadi Blogger itu harus tangguh dan punya jiwa juang yang tinggi, persis banget seperti cerita Mas Miftah, seorang Head of Digital Marketing di Klik Dokter - saat menjadi narasumber dalam webinar yang diselenggarakan oleh BRT Network pada Jumat 19 Juli 2024 lalu yang mengambil tema "SEO Checklist for Blogger Winning the SERP." 

Blogger Belajar SEO, Pentingkah? 

Semakin berkembangnya ilmu, semakin banyak pula yang harus dipelajari. Termasuk belajar SEO bagi Blogger. Kenapa sih harus belajar SEO? Ya karena dengan menerapkan teknik SEO kita dapat dengan mudah bersaing dengan mesin pencari yang mana menampung sekian banyak artikel yang isinya hampir sama. Sebutlah memenangkan hati pembaca untuk memilih artikel kita sebagai bahan bacaannya. 

Yup, demikian pula yang saya alami. Sewaktu awal ngeblog dulu, saya cuma ingin menulis di blog itu menjadi sebuah hobi saja, kesenangan untuk berbagi cerita melalui tulisan yang nantinya bisa kembali saya baca di kemudian hari. Nah, seiring berjalannya waktu, saya pun juga ikut terbawa situasi di mana ngeblog itu bukan hanya sekadar having fun semata, namun melalui kegiatan ngeblog ini kita bisa menghasilkan cuan. Hmm, siapa coba yang gak tertarik dengan hal ini? Hehehh. 

Eiits, tapi untuk bisa menghasilkan cuan nyatanya harus berjuang dong! Salah satunya dengan mau mengupgrade diri untuk belajar hal baru, salah satunya tentang SEO (Search Engine Optimization). Jadi, jika ditanya apakah penting bagi seorang Blogger untuk belajar SEO? Jawabannya sih sebenarnya tergantung kebutuhan, apakah Blogger tersebut hanya ingin kegiatan ngeblognya sebagai sebuah hobi semata atau menganggap ngeblog adalah hobi yang dibayar? Nah, kalau memang ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari kegiatan ngeblog berarti belajar SEO itu menjadi sangat penting, gitu lho! 


SEO Checklist for Blogger, Winning the SERP

Menulis berdasarkan kaidah SEO memang menjadi tantangan bagi Blogger, terlebih jika belum terbiasa menerapkannya. Tentu akan menjadi PR, bagaimana menulis dengan menggunakan keyword tertarget, menempatkan keyword, memberikan internal link, dan lain sebagainya agar performa blog menjadi bagus di mata mesin pencari dan pembaca pun akan mudah menemukan artikel yang dicari. Bonusnya, tentu trafik blog akan meningkat. 

Pada webinar malam itu, Mas Miftah menceritkan secara singkat perjalanan kariernya di dunia digital ini, termasuk menjadi konten writer dan juga aktif menulis di blog lho. Kemudian tertarik menerapkan SEO pada setiap tulisannya, dari melakukan testing ilmu SEO ke berbagai domain blog berbeda.

Nah, bagaimana cara agar tulisan kita bisa masuk dalam pencarian dan mendapatkan posisi terbaik pada halaman pencarian atau SERP (Search Engine Result Page)? Untuk itulah perlu menerapkan SEO Checklist yang menjadi patokan Blogger dalam mengelola sebuah blog. 

Skill Dasar Konten Writer 

Menjadi seorang Konten Writer maupun Blogger itu tentunya harus memiliki modal utama yaitu bisa menulis. Namun, menulis dengan hati dan bisa memikat pembaca itu tentu menjadi tugas utama bagi penulis. 

Kemampuan Kreatif 

Sebagai seorang penulis, maka harus mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan menarik untuk kontennya.

Solutif

Bukan hanya menulis saja, namun isi dari tulisan tersebut juga harus memberikan solusi yang dapat digunakan, informasinya lengkap dan detail, dapat dipercaya dan juga sesuai target pembaca.

Keterampilan Teknis

Sebagai Konten Writer, tidak hanya fokus pada tulisan yang ingin kita hasilkan saja namun juga bisa mampu menguasai tools yang ada, serta paham bagaimana cara kerja search engine. Kita bisa menggunakan tools berbayar maupun yang gratis. 


Pengembangan Topik Halaman

Nah, pada bagian ini menggambarkan bagaimana proses Blogger dalam merancang dan menyusun topik tulisan yaitu;

Brainstorming

Bisa dengan melakukan diskusi sesama Blogger, orang terdekat, teman-teman terdekat untuk menghasilkan ide tulisan yang segar serta inovatif yang dapat menarik pembaca. 

Storytelling

Tidak hanya itu saja, namun sebagai Penulis juga harus mampu mengemas konten dengan narasi yang dapat membuat pembaca terkesima dan hanyut dengan kontan yang kita suguhkan. Sehingga orang tidak sadar telah membaca sekian banyak halaman pada artikel kita dan tidak mau berhenti membacanya hingga tuntas karena tulisan yang dikemas dengan sangat menarik. 

Base on Data

Tidak kalah pentingnya untuk menulis konten yang selalu berkembang dan berdarkan data yang telah dianalisa. Sehingga artikel yang kita tulis tersebut tidak hanya berdasarkan asumsi.



Positioning

Bagian penting berikutnya yaitu mencakup tujuan kita dalam membuat blog itu apa? Tujuan kita ngeblog dan apa yang ingin kita dapatkan dari membuat sebuah blog itu.

Set Target Utama Blog

Tentukan apakah blog tersebut akan fokus pada edukasi terkait topik atau keilmuan tertentu seperti kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya. Nah, ini yang harus diperjelas sejak awal. Mau tulis apa aja di blog tersebut? Pokoknya di sini harus jelas semuanya. 

Jangan Utamakan SEO

Setelah tahu mau fokus menulis apa aja di blog tersebut, jangan mengutamakan SEO. Hmm, kok? Jadi, saat menulis itu jangan semuanya dibuat jadi SEO, pada bagian URL dibuat semua menjadi keyword, belum lagi pada kategorisasi juga memasukkan keyword. Nah, menurut Mas Miftah bahwa SEO ini jangan diutamakan karena jangan sampai hanya untuk mesin pencari semata, karena yang baca dan butuh tulisan kita adalah manusia. Kalau orientasinya search engine, otomatis kita akan membuat semuanya menjadi fokus pada keyword dan mesin pencari. 

Pahami Audience

Tak kalah pentingnya untuk memahami audience yang akan membaca blog kita. Siapa yang tertarik untuk melihat konten-konten yang kita sediakan di blog? Gak nyambung kan, kalau tulisan kita yang khusus tentang perempuan dibaca para bapack, atau remaja. 


Navigasi Website

navigasi website

Setelah bahas hal-hal teknis atau lebih ke bagian depan blog, saatnya masuk ke 'dalaman' blog yang juga harus diperhatikan. 

Crawling Status

Pastikan blog kita mengizinkan bot dari semua mesin pencari untuk masuk dan dapat membaca seluruh artikel yang kita sediakan di blog kita. Gak mau dong ya, kita sudah capek-capek nulis dan menerapkan kaidah SEO tapi artikel kita diacuhkan oleh bot karena ternnyata kita sendiri yang tidak mengizinkan mereka untuk masuk. 

Website Navigation

Bagian ini termasuk kategorisasi, breadcrumb yang mana tempat asal isi artikel kita di mana. Gak kalah pentingnya juga tentang linking yang berfungsi sebagai piramida artikel kita, mana artikel utama, support, dan sebagainya. Tujuannya agar memudahkan mesin pencari tahu bahwa ada topik tertentu yang tidak bisa dijabarkan hanya dengan satu artikel atau halaman saja. 

Experience

Pada bagian ini yang paling berpengaruh yaitu Core Web Vital yang mana dapat menjawab semua kebutuhan users mencakup speed, readability halaman, serta ketersediaan halaman. 


Your Money Your Life (YMYL)

Bagian ini menggambarkan tentang website atau blog yang memengaruhi pembaca. Dengan membaca suatu blog, seseorang akan memengaruhi kehidupannya, baik pendidikannya maupun keuangannya secara kuat. 

  • Tidak YMYL; Website atau blog yang fokus tentang penghargaan musik, berita olahraga, kehidupan pribadi seseorang, review gadget.
  • Mungkin YMYL; Website atau blog yang memberikan informasi terkait berita cuaca, kecelakaan mobil, cara membersihkan gigi.
  • Pasti YMYL; Website atau blog yang banyak dicari karena di dalamnya berisi informasi penting seperti banking, industri kesehatan, pendidikan, berita tindak pidana, hukum, farmasi. 

Tulisan yang Memperhatikan E-E-A-T

E-E-A-T SEO Checklist

Selanjutnya Mas Miftah menjelaskan bahwa terdapat turunan dari YMYL yang disempurnakan pada tahun 2023 yaitu konten yang memperhatikan E-E-A-T. Apa sih E-E-A-T itu? 

  • Experience; Konten yang berdasarkan pengalaman sendiri maupun pendapat pribadi dari Blogger itu sendiri.
  • Expertise; Konten yang ditulis oleh para ahli yang memiliki kredibilitas dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan topik yang ditulisnya. 
  • Authoritativeness; Di mana, reputasi webiste dikalangan para ahli atau influenceer memiliki wewenang dalam membahas topik YMYL tersebut.
  • Trustworthiness; Dapat membangun rasa percaya kepada user terhadap konten yang disuguhkan seperti menghindari konten-konten palsu. 

Schema Data

Skema data sebenarnya sudah ada di blog kita namun ini dapat menjadi 'jembatan' antara Google secara lebih teliti lagi. Atau bisa dikatakan juga bahwa Google menghighlight isi dari website atau blog kita seperti apa dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh Google. Dengan schema data ini artikel kita ditampilkan di dalam halaman mesin cari dengan tampilan yang lebih kaya. 

  • Article; Di mana dapat membantu Google memahami jenis dari postingannya adalah artikel. Property "headline, author, datePublished, image, aricleBody."
  • Blog Posting; Di mana dalam blog posting terdapat spesifik substype dari Article.
  • Person; Digunakan untuk penulis atau kontributor di blog.
  • Website; Mengidentifikasi keseluruhan situs web blog. 


Comprehensive Content

Bagian penting yang perlu digaris bawahi juga nih yaitu buatlah user betah di blog kita dan jangan biarkan mereka untuk kembali ke halaman pencari atau SERP lagi. Caranya gimana? Tentunya dengan menyediakan konten yang lengkap dan menarik meliputi; 

  • Konten Informatif; Buatlah konten yang kaya akan informasi yang lebih mendalam terkait topik yang dibaca pengguna. Contohnya tulisan "penyakit kanker" menjadi "jenis-jenis penyakit kanker."
  • Konten Rekomendasi; Buatlah konten yang dapat ditindaklanjuti yaitu dengan cara menuliskan langkah-langkah dari awal hingga akhir sehingg pembaca mendapatkan keuntungan dari membaca artikel tersebut.
  • Konten Komersial; Fokuslah terhadap masalah yang dialami oleh pengguna, kemudian sertakan produk atau jasa yang dapat menyelesaikan masalah mereka. Eits, tapi jangan sampai tujuan informasi dari konten tersebut hilang karena artikelnya terkesan menjual banget lho ya.


Membangun Audiens yang Loyal

membangun audiens loyal

Nah, hal tidak boleh dilewatkan juga nih yaitu membangun audiens yang loyal dengan menerapkan hal-hal berikut;

  • Konten Berkualitas; Menciptakan konten yang konsisten, unik, dan bermafaat bagi pembaca.
  • Interaksi Aktif; Terlibat dengan pembaca melalui respons, kolaborasi, dan umpan balik. Hmm, kata Mas Miftah, balas komen di kolom komentar salah satu cara interaksi akti. So, jangan cuekin kolom komentarnya ya. 
  • Konsistensi Publikasi; Jagalah frekuensi publikasi konten yang teratur untuk tetap terlibat dengan pembaca.
  • Nilai Tambah; Menawarkan konten ekslusif, diskon, atau manfaat lain untuk mempertahankan audiens yang loyal. 

Penutup

Jujurly, senang banget bisa ikutan kelas dari BRT lagi terlebih tentang SEO ini. Secara memang sudah lama tidak belajar lagi dan kali ini materinya super lengkap. Kalau sebelumnya di kelas BRT Network yang saya ikuti akhir 2022 lalu ada materi tentang SEO On Page dan Off Page kali ini nambah lagi ilmu tentang SEO Checklist for Blogger yang poin-poinnya memang banyak tapi kalau perlahan dilakukan akan jadi terbiasa juga dong pastinya.
SEO Checklist for Blogger

Nah, di akhir pembahasan kemarin Mas Miftah juga membagiakan checklistnya lho yang bisa kita terapkan juga. Jadi bisa diberi tanda centang di bagian kolom yang ada jika kita sudah menerapkan poin-poin tersebut. Gimana, Temans juga mau kan menerapkan SEO Checklist for Blogger ini?


Terima kasih buat BRT Network dan tentunya juga Mas Miftah yang telah berbagi ilmu daging ini. Semoga bisa mengaplikasikan juga. 


Selamat mencoba juga, Temans.




Diah

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Ainun
    Ainun 9:53 PM

    dulu awal-awal ngeblog memang cuman nulis dan nulis aja
    browsing mengenai teknik blogging atau SEO juga jarang aku lakukan, nah baru beberapa tahun terakhir ini aku usahakan untuk ikut kelas yang ada kaitannya dengan ngeblog, seperti SEO ini
    dari temen-temen blogger juga, aku sering banyak belajar

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 10:03 AM

    Masih berproses untuk aplikasikannya saat nulis, huha ternyata banyak nih PRku, terima kasih sharingnya ya Kak, beruntung nih dapat pencerahan tentang SEO, seru ya kelas di BRT

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 11:11 AM

    Iya sih ya. Sebenarnya, memang menjadi urusan kita soal penting atau tidaknya belajar SEO. Apakah menulis di blog hanya untuk sekedar hobi saja? Atau menulis di blog untuk menjadi salah satu sumber penghasilan?
    Jika pilihannya yang kedua, maka kita pun harus mampu bersaing. Karena yang punya dan mencari penghasilan dari menulis di blog bukan hanya kita.

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 3:51 PM

    SEO checklist ini penting banget. Soalnya, jadi lebih tahu apa saja yg harus dikerjakan untuk blog. Paham aspek apa saja yang harus dicek buat naikin performa blog.

Add Comment
comment url