,

Jerawat di Hidung Sering Muncul? Jangan Panik, Lakukan Hal Berikut Yuk!

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, khususnya remaja, baik itu wanita maupun pria. Pasti Temans juga sering mengalami jerawat bukan? Apalagi jerawat yang muncul di bagian hidung. Hmm, daerah hidung yang termasuk zona-T pada wajah memang sering dihinggapi jerawat. Sebab area ini terkenal memproduksi minyak lebih dibanding daerah lainnya.

jerawat di hidung

Bagi banyak orang, jerawat di hidung bisa sangat mengganggu karena sering terlihat dan menonjol. Tidak hanya itu, jerawat di hidung juga bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Jika Temans sering mengalami masalah jerawat, terlebih di bagian hidung, jangan langsung panik ya! Temans dapat mencoba beberapa langkah berikut untuk mengatasi masalah jerawat di hidung secara efektif.

Bagian Wajah yang Sering Dihinggapi Jerawat

Jerawat bisa muncul di berbagai area wajah, namun ada beberapa bagian yang memang sepertinya jadi ‘langganan’ jerawat. Apa aja sih bagiannya?

  • Dahi; Jerawat di dahi sering dikaitkan dengan masalah pencernaan, stres, atau penggunaan produk rambut yang berminyak. Pori-pori di area ini juga dapat tersumbat oleh keringat yang disebabkan minyak berlebih.
  • Hidung; Jerawat di hidung sering dikaitkan karena bagian wajah ini yang memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga membuat area ini lebih rentan terhadap penyumbatan dan jerawat. Ini sering berhubungan dengan masalah pada hati atau diet tinggi makanan berlemak.
  • Pipi; Jerawat di pipi bisa disebabkan oleh kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, penggunaan ponsel yang tidak bersih, atau sarung bantal yang jarang diganti. Polusi udara dan lingkungan yang kotor juga dapat berperan.
  • Dagu dan Garis Rahang; Jerawat di daerah ini sering kali terkait dengan perubahan hormon, terutama pada wanita selama siklus menstruasi. Selain itu, stres dan diet tinggi gula juga dapat memicu munculnya jerawat di area ini.
  • Sekitar Mulut; Pernah mengalami jerawat yang muncul di sekitar mulut? Nah, kalau yang ini sering kali disebabkan oleh residu dari makanan berminyak atau produk kosmetik yang tidak cocok. Penggunaan lip balm atau lipstik yang mengandung bahan komedogenik salah satu penyebab pori-pori tersumbat.

Kenapa sih Jerawat Sering Muncul?

Jerawat bisa muncul ketika pori-pori kulit tersumbat baik itu karena minyak yang berlebih, sel kulit mati maupun disebabkan oleh bakteri. Jerawat yang muncul bisa memengaruhi kesehatan kulit dan psikologis seseorang. Ada beberapa faktor lho yang menyebabkan mengapa jerawat sering muncul, termasuk di area hidung. Nah, kalau tahu apa saja faktor penyebabnya, bisa jadi langkah awal kita agar masalah ini bisa diminimalisir, bukan?

1. Perubahan Hormon

Perubahan ini dapat terjadi selama masa pubertas, siklus menstruasi, kehamilan, atau akibat dari stres. Hormon yang tidak seimbang dapat memicu kelenjar minyak untuk bekerja lebih aktif, sehingga memperbesar peluang munculnya jerawat.

2. Pori-Pori Besar di Area Hidung

Hidung merupakan area yang cenderung memiliki pori-pori lebih besar dibandingkan bagian wajah lainnya. Pori-pori besar ini memudahkan penumpukan minyak, sel kulit mati, dan kotoran, yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan berkembang menjadi jerawat.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti masalah lambung maupun usus dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Jerawat juga dapat muncul karena adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh termasuk di saluran pencernaan.

4. Gaya Hidup dan Stress

Konsumsi makanan berminyak, produk susu, dan gula berlebih dapat memperburuk jerawat. Selain itu, stres juga bisa memicu produksi hormon yang menyebabkan jerawat, sehingga menyebabkan peradangan pada kulit yang merupakan faktor utama berkembangnya jerawat. Pada saat stress juga, seseorang akan cenderung melakukan kebiasaan buruk seperti makan sembarangan yang tentunya dapat menimbulkan jerawat.

5. Faktor Genetik

Jika orang tua memiliki masalah jerawat, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalaminya. Selain struktur dan ukuran pori-pori kulit, produksi sebum oleh kelenjar minyak kulit juga dipengaruhi oleh faktor genetik yang dapat menentukan seberapa parah jerawat.

6. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Seringnya menyentuh wajah, terutama pada bagian hidung, tanpa disadari dapat memperburuk jerawat. Tangan kita membawa banyak kuman dan kotoran, dan setiap kali kita menyentuh hidung, bakteri bisa berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu, menyentuh atau menggaruk area hidung secara berlebih terutama pada saat flu dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Nah, gesekan yang berlebih inilah yang dapat merusak lapisan pada kulit yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

7. Pengaruh Lingkungan

Polusi dan debu dari lingkungan sekitar dapat menyumbat pori-pori kulit, terutama di hidung. Jika Temans sering terpapar udara kotor, kemungkinan jerawat di hidung akan semakin tinggi, terutama bila tidak membersihkan wajah dengan benar setelah beraktivitas di luar.



Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

Jerawat di hidung bisa sangat mengganggu, tapi dengan perawatan yang tepat dan kebiasaan menjaga kebersihan kulit, kita dapat mengurangi dan mencegahnya kok. Jadi, jangan langsung panik ya ketika muncul jerawat di hidung. Nah, Temans bisa mencoba cara berikut agar jerawat bisa teratasi.


Menjaga Kebersihan Wajah

Langkah pertama dalam menjaga kulit bersih dari jerawat yaitu mencuci wajah secara teratur. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam dengan pembersih yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari penggunaan sabun yang terlalu keras atau memiliki bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.

Namun pastikan untuk tidak mencuci wajah terlalu sering ya karena hal ini malah dapat mengeringkan kulit dan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum yang justru akan memperburuk kondisi jerawat.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilihlah produk perawatan kulit yang non-komedogenik; yaitu produk perawatan yang tidak akan menyumbat pori-pori. Produk dengan bahan aktif seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinoid sangat efektif untuk membantu membersihkan atau membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi produksi minyak di kulit, sehingga dapat mengurangi peradangan.

Selain itu, pastikan juga menggunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak ya. Meskipun kulit berminyak, tetap membutuhkan kelembaban agar tidak over-produksi minyak yang bisa memicu lebih banyak jerawat.

Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat

kenapa jerawat muncul terus
pic: canva.com

Pasti gak nyaman kan ya saat ada jerawat di wajah, apalagi di daerah T-zone, hidung. Godaan untuk memencet jerawat pun akan sangat besar. Namun, memencet jerawat dapat memperburuk peradangan lho! Sebab akan mendorong bakteri lebih dalam ke kulit, dan menyebabkan bekas luka permanen. Lebih baik biarkan jerawat sembuh secara alami atau gunakan produk perawatan khusus untuk mengeringkannya.

Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang mengakibatkan pori-pori tersumbat. Nah, lakukan eksfoliasi lembut 1-2 kali seminggu untuk membersihkan kulit secara mendalam dan mencegah munculnya jerawat di hidung. Namun, hindari eksfoliasi yang terlalu keras atau terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi jerawat.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kulit yang sehat berasal dari tubuh yang sehat. Pola makan seimbang, minum cukup air, dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hindari makanan berminyak, tinggi gula, dan produk susu yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Tidak lupa juga untuk kelola stres dengan baik ya, sehingga hormon yang dapat memicu timbulnya jerawat tidak mudah datang.

Hindari Menyentuh Wajah

Sering menyentuh hidung, terutama dengan tangan yang kotor? Jangan ya Temans ya! Karena ini hanya akan memperburuk jerawat. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah secara berlebihan, dan cuci tangan secara teratur jika perlu menyentuh wajah atau hidung.


Atasi Jerawat dengan Bahan Herbal

Selain menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, Temans juga bisa lho mengatasi jerawat dengan bahan herbal. Baik itu menggunakan bahan herbal untuk diterapkan sebagai masker ataupun dengan mengonsumsi suplemen yang dapat membantu mengurangi jerawat.

Bahan-bahan herbal yang dapat membantu mengurangi jerawat seperti kayu manis, air lemon, tea tree oil, minyak lavender yang dapat diaplikasikan langsung ke kulit sebagai masker. Sedangkan untuk pengobatan dari dalam kita dapat memilih bahan alami yang memiliki antioksidan, anti inflamasi, juga anti bakteri. Semua itu dapat kita peroleh dalam kemasan suplemen Aluss, dari SIDO MUNCUL lho.

Alasan Menggunakan Aluss dari SIDO MUNCUL

Aluss SIDO MUNCUL

Aluss merupakan produk suplemen dari SIDO MUNCUL yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat di hidung. Berikut alasan mengapa Temans harus menggunakan Aluss dari SIDO MUNCUL yaitu;

  • Mengandung kunyit yang dapat mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kunyit, khususnya kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang efektif dalam merawat jerawat.
  • Aluss juga mengandung Meniran Hijau yang ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab peradangan di bawah kulit dan juga jerawat.
  • Tidak hanya itu, Aluss juga dapat membersihkan dan menghaluskan kulit.
  • Produk herbal Aluss SIDO MUNCUL terbukti berkhasiat dan sudah terjamin aman dengan mengantongi izin BPOM
  • Praktis, tinggal tenggak. Tidak perlu lagi meracik bahan-bahan seperti kunyit dan lainnya.


Penutup

Jerawat adalah masalah kulit umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Meskipun jerawat lebih sering dialami oleh remaja, namun orang dewasa juga sering kok mengalaminya. Jerawat biasanya disebabkan oleh produksi minyak (sebum) yang berlebihan, penumpukan sel kulit mati, dan bakteri. Faktor lain seperti hormon, stres, pola makan, dan kebersihan kulit juga memainkan peran penting.

Ada beberapa bagian di wajah yang sering dihinggapi jerawat, namun jerawat pada hidunglah yang paling sering muncul. Eits, tapi jangan panik ya kalau ada jerawat di hidung. Karena Temans bisa mengatasinya dengan mudah kok. Di samping itu, bisa juga mengonsumsi suplemen yang dapat mengurangi jerawat di hidung dengan menggunakan SIDO MUNCUL Herbal Aluss ya.

Jadi, tunggu apalagi? Untuk Temans yang sering mengalami jerawat di hidung dan bagian lainnya, jangan lupa selalu siapkan SIDO MUNCUL Herbal Aluss di rumah ya.



Semoga bermanfaat




Diah
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url